Jurusan Farmasi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 19 September 2020 , oleh farmasi_admin , pada kategori Berita

Sebagai salah satu Jurusan di bawah institusi pendidikan tinggi Universitas Brawijaya dan menjadi bagian dari Fakultas Kedokteran, Jurusan Farmasi yang membawahi Program Studi Sarjana Farmasi (PSSF), Program Studi Profesi Apoteker (PSPA), Departemen Keilmuan dan Unit-unit memiliki kewajiban untuk melaksanakan semua kegiatan melalui proses yang telah ditetapkan oleh intitusi yang menaungi, dengan tujuan untuk menjamin kualitas institusi. Proses yang harus dilalui setiap melakukan kegiatan adalah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut.

Sebagai jurusan dengan program studi dibawahnya, Jurusan Farmasi memiliki kewajiban untuk menyusun visi, misi, tujuan, dan strategi pencapaian sebagai langkah awal untuk mengembangkan Jurusan dan Program Studi yang dinaunginya. Penyusunan visi, misi, tujuan, dan strategi pencapaian perlu dilakukan dengan melibatkan komponen internal dan eksternal. Sebagai komponen internal penyusunan visi, misi, tujuan dan strategi pencapaian perlu melibatkan dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Sedangkan komponen eksternal yang pelu dilibatkan adalah lulusan, pengguna lulusan, mitra, pakar, organisasi profesi, dan pemerintah.

Melalui penyelenggaraan workshop visi, misi, tujuan, dan strategi pencapaian ini diharapkan diperoleh masukan dari komponen internal maupun eksternal tentang visi, misi, tujuan dan sasaran pencapaian Jurusan Farmasi, Program Studi Sarjana Farmasi, Program Studi Profesi Apoteker.

Dalam kesempatan kali ini, ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI), Prof. Dr. Daryono Hadi Tj. Apt., M.Sc.Eng. menyampaikan isu-isu strategis yang dihadapi oleh Perguruan Tinggi Farmasi di Indonesia. Sebagai pembicara kedua adalah Ketua Ikatan Apoteker Indonesia, Drs. Nurul Falah Eddy Pariang, Apt yang menyampaikan tantangan dan peluang Sarjana Farmasi dan Apoteker serta Dekan Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Agung Endro Nugroho, S.Si., M.Si., Apt. yang memaparkan tentang Visi, Misi, dan Pandangan Perguruan Tinggi Farmasi di Indonesia. Dalam perrtemuan kali ini juga dihadir oleh perwakilan dari praktisi dan mitra Jurusan Farmasi, yaitu perwakilan dari Apotek Arjasa, Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar, PT Kimia Farma, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang.

Workshop Penyusunan Visi, Misi, Tujuan, Dan Strategi Pencapaian Jurusan Farmasi 1 Workshop Penyusunan Visi, Misi, Tujuan, Dan Strategi Pencapaian Jurusan Farmasi 2