Farmasi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 17 Juli 2017 , oleh farmasi_admin , pada kategori Berita

TIM PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA FARMASI FKUB RAIH PREDIKAT BEST PRESENTER DALAM AJANG INTERNATIONAL SEMINAR AND EXPO UNIVERSITY OF BRAWIJAYA

horafocal

(Foto dari kiri ke kanan: Dr. dr. Yuyun Yueniwati Prabowowati Wadjib, M.Kes., SpR(K); Agung; Mazaya; Kartika; I Wayan)

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan ajang bergengsi yang selalu diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia pada setiap tahunnya. Prestasi yang membanggakan diraih oleh tim PKM dari Program Studi Sarjana Farmasi (PSSF) FKUB, yaitu I Wayan Arya Yudhistira (angkatan 2014), Dendy Triatmaja (angkatan 2014), Agung Febrian Ramadani (angkatan 2014), Mazaya Alma (angkatan 2015) dan Kartika Zulfa (angkatan 2015), sebagai Best Presenter dalam ajang The First Young Scientist, International Seminar and Expo University of Brawijaya yang diadakan pada tanggal 13 Juli 2017 di pelataran Gedung Widyaloka yang diikuti oleh 124 tim PKM UB tahun 2017.

Tim yang dibimbing oleh Ibu Dahlia Permatasari, S.Farm., M.Si., Apt. mengangkat topik “HORAFOCAL (Hormophysa triquetra for Ca Colon): Inovasi Terapi Kanker Kolon”. Tujuan penelitian untuk memaksimalkan penghantaran ekstrak Hormophysa triquetra tertarget kolon dengan kombinasi polimer guar gum dan natrium alginat cross-linked kalsium klorida dalam bentuk sediaan tablet berbasis teknologi mikrosfer. Secara keseluruhan penelitan menunjukan bahwa formulasi tablet ekstrak Hormophysa triquetra menggunakan matriks polimer guar gum dengan teknologi berbasis mikrosfer mampu menahan pelepasan senyawa aktif pada pH asam, yaitu saluran cerna bagian atas, serta dapat menghantarkan senyawa aktif hingga tertarget kolon secara maksimal.

“Pada awalnya kita merasa pesimis karena melihat banyak karya yang lebih bagus dan presentator yang lebih unggul. Akan tetapi, berkat dosen pembimbing kami, Bu Dahlia Permatasari, S.Farm., M.Si., Apt. yang selalu memberikan dorongan dan semangat sehingga kami berusaha untuk memberikan yang terbaik sehingga dapat memenangkan kategori kemenangan, yaitu best presenter. Tidak ada hal unik yang dapat diceritakan kecuali kemenangan yang dapat kami raih pada malam itu melihat banyaknya kelompok lain yang dirasa lebih kompeten,“ ujar Wayan saat menceritakan kemenangannya bersama tim dalam ajang tersebut.

Semoga Tim HORAFOCAL mampu mempresentasikan hasil penelitiannya dengan baik dalam acara Monitoring dan Evaluasi (MONEV) PKM dari DIKTI sehingga mampu meneruskan ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). (oktvr)