Farmasi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 18 September 2013 , oleh farmasi_admin , pada kategori Berita

Studi Ekskursi Farmasi UB 2013 “Approaching Pharmacist Valuable Future”

biofarma

Kunjungan Mahasiswa di PT Biofarma.

Studi Ekskursi Program Studi Farmasi FKUB (PSF FKUB) 2013 merupakan salah satu acara yang diselenggarakan oleh mahasiswa Farmasi UB. Tujuan dari Studi Ekskursi ini adalah untuk membuka wawasan mahasiswa akan kondisi nyata di dunia kerja, meningkatkan kesadaran mahasiswa farmasi untuk memaksimalkan potensi agar dapat bersaing secara global, mengetahui perkembangan dalam dunia farmasi (baik teknologi farmasi maupun dalam pelayanan), dan melihat berbagai penerapan ilmu farmasi dalam dunia kerja khususnya di bidang industri farmasi. Peserta dan panitia studi ekskursi PSF FKUB 2013 adalah mahasiswa angkatan 2010 berjumlah 60 orang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 6-9 September 2013 atas persetujuan Kepala Program Studi Farmasi FKUB. Dalam kegiatan ini, mahasiswa didampingi 2 dosen pendamping dari PSF FKUB.

Studi Ekskursi Farmasi UB 2013 yang bertema ““Approaching Pharmacist Valuable Future” ke Bandung, Jawa Barat dengan sasaran dua perusahaan farmasi yaitu PT. Combiphar dan PT. Biofarma. Diharapkan dengan kunjungan ke dua perusahaan berbeda ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang tugas-tugas dan peran apoteker di lingkungan industri farmasi. PT Combiphar merupakan perusahaan farmasi yang memiliki spesialisasi di bidang produksi tablet dan likuid, sedangkan PT. Biofarma adalah perusahaan farmasi yang memiliki spesialisasi di bidang produksi vaksin.

se combiphar

Mahasiswa di PT Combiphar.

Kunjungan pertama ke PT. Combiphar, peserta mendapat kuliah penjelasan secara umum tentang perusaan ini, riset, produksi sediaan (baik sediaan cair dan solid), quality management, dan juga tentang penanggulangan limbah dari produksi. Kemudian dilanjutkan dengan berkeliling ke area pabrik untuk melihat secara langsung alat-alat dan proses yang dilakukan di pabrik. Dalam kunjungan melihat area produksi, mahasiswa dibagi beberapa kelompok untuk melihat bagian produksi (cair dan solid), quality management, product development, dan gudang.

Kunjungan kedua ke PT. Biofarma, peserta mendapat kuliah penjelasan secara umum tentang perusahaan, riset, dan produksi sediaan steril, quality management, dan penaggulangan limbah. Kemudian dilanjutkan berkeliling area produksi dari luar (karena tidak memungkinkan masuk ke area steril) sambil dijelaskan oleh pihak perusahaan tentang alat-alat beserta ruangan yang digunakan dalam proses produksi sediaan steril.

Dengan kunjungan-kunjungan seperti ini diharapkan mahasiswa lebih mampu lagi memaksimalkan potensi sehingga mahasiswa lebih sadar akan luasnya bidang farmasi dan kewajiban untuk mengembangkan demi kesejahteraan rakyat Indonesia. (zwgr)