Farmasi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 4 Juni 2015 , oleh farmasi_admin , pada kategori Agenda Kegiatan, Berita

Institusi pendidikan kefarmasian di Indonesia selama ini menggunakan metode evaluasi berupa ujian yang berisi pertanyaan multiple-choice dan essay untuk menilai kompetensi peserta didiknya. Meskipun demikian metode evaluasi ini tidak cukup untuk menilai seluruh kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh seorang apoteker terutama untuk pengatasan permasalahan di situasi klinis. Selain itu saat ini masih terdapat ketimpangan di dalam capaian kompetensi yang diperoleh dari system ujian konvensional dengan performa di dalam menghadapi kasus yang sebenarnya. Oleh sebab itu metode evaluasi yang berbasis kepada penilaian performa seperti OSCE (Objective Structure Clinical Examination) sangat diperlukan untuk memberikan pengalaman kepada calon apoteker dalam menghadapi permasalahan klinis.

Karena saat ini kompetensi profesi apoteker telah berkembang melebihi dari sekedar mencampur dan meracik obat maka strategi dalam pengajaran dan system evaluasi juga harus berubah. Praktik asuhan kefarmasian akan lebih dapat dipahami oleh calon apoteker apabila calon apoteker terbiasa untuk menyelesaikan contoh-contoh permasalahan yang mungkin akan dihadapi saat sudah menjalani praktik kefarmasian.

Beberapa tahun terakhir telah dilakukan inisiasi penerapan jenis ujian CBT (Computer Based Test) dan OSCE di dalam UKAI (Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia) sebagai cara untuk menilai kompetensi calon apoteker. Hal ini merupakan upaya dari APTFI dan IAI dalam meningkatkan kualitas apoteker Indonesia.

Mengenai apa itu OSCE, apa kelebihan dan kelemahannya dibandingkan dengan system evaluasi konvensional, jenis kompetensi yang dapat dinilai menggunakakan metode OSCE, bagaimana cara menyelenggarakan OSCE dan persiapan apa saja yang diperlukan dalam penyelenggaraan OSCE akan dibahas di dalam workshop ini.  Selain itu para peserta dapat berpartisipasi dalam bentuk presentasi oral dengan bidang edukasi farmasi.

Workshop ini akan diisi oleh pemaparan dari beberapa pembicara dari dalam dan luar negeri yang sudah berpengalaman di dalam menyusun dan menyelenggarakan OSCE.

BIAYA PENDAFTARAN:

ü Early bird  : Rp. 1.750.000 Sebelum 25 Agustus 2015

ü Regular      : Rp. 2.000.000 Sesudah 25 Ags – 01 Okt 2015

CARA PENDAFTARAN:

1.   Pendaftaran dilakukan dengan mengisi form online LINK: >> FORM PENDAFTARAN <<

2.   Pembayaran dilakukan dengan transfer ke :

  • Ø Rekening            : Mandiri
  • Ø Atas Nama         : Dian Arista Permatasari
  • Ø No. Rekening     : 144 – 00 – 1306285 – 3
  • Ø No. Telp              : 0857 5555 0159

3. Lanjutkan dengan mengirim email bukti pembayaran melalui email farmasi.fk@ub.ac.id dan konfirmasi ke Dian Arista melalui sms dengan format  “Nama Lengkap(spasi)Asal Instansi(spasi)Tgl Transfer”

Waktu dan Tempat:

Hari / Tanggal                : 24 – 25 Oktober 2015

Waktu                                : 07.30 – 16.30 wib

Tempat                             : Ruang Senat GPP Lantai 6 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya