Farmasi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 21 Juli 2014 , oleh farmasi_admin , pada kategori Berita

SEMINAR THERAPEUTICS PROTEIN: “From In Silica Design To Clinical Application”

poster seminar FIX UPDATE copy

Perkembangan protein terapeutik dalam bidang Farmasi  dan klinik sangat pesat dalam dekade terakhir. Setiap tahunnya ratusa produk terapetik baru dipasarkan di Benua Eropa dan Amerika. Perkembangan protein terapetik di Indonesia juga sangat pesat mengingat aplikasinya yang sangat luas, yaitu mulai dari bidang prognosis, diagnostik, terapi, hingga preventif.

Produksi protein terapetik saat ini sangat berkembang karena adanya kemajuan teknologi di berbagai bidang. Perkembangan di bidang informatika memfasilitasi desain protein terapetik secara in silico. Berbagai perkembangan di bidang DNA rekombinan juga memfasilitasi produksi proteik terapetik dengan skala besar dengan aktivitas biologis yang meningkat. Aplikasi protein terapetik juga semakin meningkat karena berbagai keunggulannya dibandingkan senyawa obat sintesis konvensional.

Seiring dengan pesatnya perkembangan protein terapetik di bidang klinis, Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (PSF-FKUB) sebagai salah satu institusi pendidikan yang bergerak di bidang kesehatan merasa perlu untuk menyelenggarkan seminar bertema protein terapetik untuk menambah pemahaman mahasiswa, dosen, dan juga apoteker di Malang dan sekitarnya terkait perkembangan protein terapetik. Seminar ini juga diadakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan Lustrum PSF-FKUB.