Farmasi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 22 Januari 2016 , oleh farmasi_admin , pada kategori Berita

Seminar dan Lokakarya “Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada Laboratorium Pendidikan”

   Program Studi Farmasi (PSF) FKUB menyelenggarakan Seminar dan Lokakarya sehari yang bertema “Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada Laboratorium Pendidikan” pada hari Sabtu tanggal 12 Desember 2015. Latar belakang diadakannya seminar dan lokakarya ini adalah karena laboratorium merupakan salah satu wilayah kerja yang penting bagi segenap dosen dan mahasiswa farmasi, dan bekerja di dalam laboratorium tidak akan terlepas dari berbagai kemungkinan terjadinya bahaya dari berbagai jenis bahan kimia maupun bahan non kimia. Untuk itu diperlukan pengetahuan yang memadai, serta pemahaman dan kesadaran terhadap keselamatan dan bahaya kerja di laboratorium.

IMG-20151212-WA0021

   Seminar dan lokakarya ini mendatangkan dua orang pemateri, yang pertama yaitu Wahzani Syukri Setyawan, ST dari Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur yang memberikan materi tentang dasar peraturan yang berlaku mengenai K3 di laboratorium. Pembicara kedua adalah Bahariawan Kilapong, ST, auditor K3 dari PT. Merck Indonesia, yang memberikan materi mengenai aspek-aspek keselamatan yang penting diperhatikan saat bekerja di laboratorium terutama laboratorium pendidikan. Materi kedua ini juga disertai dengan workshop berupa studi kasus yang difasilitasi oleh pemateri.

IMG-20151212-WA0027

    Peserta seminar dan lokakarya K3 ini, selain berasal dari PSF FKUB (dosen dan PLP), juga mengundang perwakilan dari laboratorium pendidikan di lingkungan FK, FMIPA, FTP, dan LSIH yang mengirimkan perwakilan yaitu kepala laboratorium atau PLP. Hasil dari seminar dan lokakarya ini diharapkan akan mampu meningkatkan kesadaran pengelola maupun pengguna laboratorium mengenai keselamatan kerja di laboratorium, identifikasi bahaya di laboratorium pendidikan dan alat pelindung diri yang tepat jika bekerja di laboratorium pendidikan.

IMG_20151212_145420