PENYULUHAN BAHAN TAMBAHAN MAKANAN PENGAWET DAN PEWARNA DALAM MAKANAN PADA SISWA SMP KECAMATAN SINGOSARI

PENYULUHAN BAHAN TAMBAHAN MAKANAN PENGAWET DAN PEWARNA DALAM MAKANAN  PADA SISWA SMP KECAMATAN SINGOSARI

TIM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DEPARTEMEN FARMASI

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA

 

Dalam rangka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, Tim Dosen Departemen Farmasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya mengadakan penyuluhan  dengan judul “Penyuluhan Bahan Tambahan Makanan Pengawet dan Pewarna dalam Makanan pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kecamatan Singosari”. Tiga Lokasi SMP antara lain: SMPN 1, SMPN 2 Singosari dan SMP Islam Bani Hasyim. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan bagian dari Tri-dharma perguruang tinggi, selain pendidikan dan penelitian. Kelompok pengabdian ini diketuai oleh apt. Bachtiar Rifai Pratita Ihsan, S. Farm., M. Farm, dengan anggota kelompok 4 dosen yaitu Dr. apt. Valentina Yurina, M.Si., Dr. Anggita Rosiana Putri, S.Si., apt. Oktavia Eka Puspita, M.Sc. dan 4 mahasiswa.Program Studi Sarjana Farmasi FKUB yaitu Kevin Awidarta, M. Bachrul Ulum, Varna Amalia Nabilah dan Intan Khaerunisa.

Kegiatan pertama dilaksanakan di Hari Sabtu, 10 September 2022 di SMPN 1 Singosari, dengan didampingi oleh Humas Bapak Ari Susilo, S.Pd serta Bapak/Ibu wali kelas 8. Siswa yang hadir dalam kegiatan ini adalah siswa kelas 8. Sebelum pemaparan terkait bahan tambahan makanan dimulai, siswa diminta untuk mengisi pretest untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terkait bahan tambahan makanan. Setelah kegiatan edukasi, juga dilaksanakan post-test untuk mengukur ketersampaian materi oleh siswa.  Materi Bahan Tambahan Makanan (BTM) yang disampaikan meliputi pengertian BTM, perhitungan Acceptable Daily Intake (ADI), contoh BTM yang diperbolehkan dan dilarang. Tim penyuluh memperkenalkan contoh BTM pewarna dan pengawet yang dilarang penggunaannya yaitu Rhodamin B (pewarna) dan Formalin (pengawet)

Gambar 1. Kegiatan Penyuluhan terkait bahan tambahan pengawet dan pewarna dalam makanan pada siswa SMPN 1 Singosari

Pada Hari Jumat, tanggal 16 September 2022, Penyuluhan dilanjutkan di SMPN 2 Singosari. Kegiatan ini juga didampingi oleh Kepala Sekolah, yakni Bapak Bambang Dwi Yudo L, S.Pd, Ibu Kristanti  selaku Waka Kurikulum dan  Bapak/Ibu guru SMPN 2 Singosari. Para siswa mendengarkan dengan baik paparan mengenai materi BTM. Selain itu juga aktif dalam demo analisis kandungan formalin dalam sampel. “Kegiatan pengabdian masyarakat Departemen Farmasi FKUB ini mendapat apresiasi tinggi dari para siswa dan guru selain menambah wawasan juga memacu kreatifitas siswa dalam lomba edukasi video” kata Ibu Kristanti

Gambar 2. Kegiatan Edukasi terkait bahan tambahan pengawet dan pewarna dalam makanan pada siswa SMPN 2 Singosari

kegiatan pengabdian masyarakat terakhir di SMP Islam Bani Hasyim, dilaksanakan tanggal 17 September 2022, didampingi oleh Bapak Abdul Rozaq, M.Pd selaku kepala sekolah beserta Bapak Ibu guru wali kelas 8. Para peserta antusias dalam mengikuti penyuluhan yang diselingi tanya jawab mengenai aplikasi bahan tambahan makanan dalam kehidupan sehari-hari.

Gambar 3. Kegiatan Edukasi terkait bahan tambahan pengawet dan pewarna dalam makanan pada siswa SMP Islam Bani Hasyim

Selain kegiatan edukasi terkait bahan tambahan makanan, dalam kegiatan tersebut juga dilaksankan  lomba video antar sekolah. Tema lomba video siswa adalah terkait edukasi bahan tambahan makanan kepada teman, keluarga, maupun orang-orang disekitarnya. Total peserta lomba adalah 8 kelompok. Pada tanggal 4 Oktober 2021 dilakukan penyerahan hadiah. Pemenang juara 1 lomba video edukasi bahan tambahan makanan adalah siswa dari SMP Islam Bani Hasyim dengan ketua kelompok atas nama Zaskia Ailsa Rahma, juara ke-2 adalah siswa SMPN 2 Singosari dari tim Cahaya Aura Sholawatifah, dan juara 3 diberikan kepada tim Marfuatul Kholifa dari SMPN 2 Singosari.

Gambar 4. Penyerahan hadiah lomba video edukasi Bahan Tambahan Makanan di SMP 2 dan SMP Islam Bani hasyim.