Jurusan Farmasi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 22 November 2018 , oleh farmasi_admin , pada kategori Berita

Pengumuman Seleksi Masuk Program Studi Profesi Apoteker Semester Genap TA 2018/2019

Pendahuluan

Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) berdiri pada tahun 2016 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 243/KPT/I/2016 tentang Pembukaan Program Studi Apoteker Program Profesi pada Universitas Brawijaya di Kota Malang.Pendidikan Apoteker diselenggarakan oleh institusi pendidikan yang direkomendasikan oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI), Komite Farmasi Nasional (KFN) dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). Program pendidikan jalur profesi di bidang farmasi adalah Apoteker yang merupakan program pendidikan lanjutan setelah Sarjana Farmasi. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi yang mendefinisikan pendidikan profesi sebagai Pendidikan Tinggi sarjana yang menyiapkan mahasiswa dalam pekerjaan yang memerlukan persyaratan keahlian khusus.

Dalam Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2014 dinyatakan bahwa jenis tenaga kesehatan yang termasuk dalam kelompok tenaga kefarmasian terdiri atas apoteker dan tenaga teknis kefarmasian. Berdasarkan PP 51 tahun 2009, apoteker adalah sarjana farmasi yang telah lulus sebagai Apoteker dan telah mengucapkan sumpah jabatan Apoteker. Dalam menjalankan pekerjaan kefarmasian, seorang apoteker harus memiliki Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) dan Sertifikat Kompetensi Apoteker Indonesia (SKAI) untuk landasan legal dalam menjalankan praktik kefarmasian. Untuk mencapai pelayanan kefarmasian yang optimal, diperlukan pembekalan pengetahuan dan keterampilan kepada apoteker melalui pendidikan khusus dan uji kompetensi yang merupakan dasar untuk membentuk kemampuan yang harus dimiliki apoteker sesuai standar kompetensi.

Program Studi Profesi Apoteker Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya mempunyai tujuan mencetak Apoteker sebagai tenaga kefarmasian yang profesional dalam menyelenggarakan pekerjaan kefarmasian. Sejalan dengan komitmen PSPA FKUB untuk mencetak Apoteker unggul dan kompeten, maka pada tahun akademik 2018-2019 akan diselenggarakan Pendidikan Profesi Apoteker di PSPA FKUB. Oleh karena itu, perlu dilakukan serangkaian kegiatan dalam rangka penerimaan mahasiswa baru untuk mendapatkan calon mahasiswa yang sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan sehingga nantinya dapat mencetak Apoteker yang kompeten.

Tahapan pendaftaran silakan klik tautan berikut:

Seleksi Masuk Program Studi Profesi Apoteker Semester Genap TA 2018/2019