Farmasi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 26 Oktober 2017 , oleh farmasi_admin , pada kategori Agenda Kegiatan, Berita

Pelatihan Penggunaan Instrumen High Performance Liquid Chromatography (HPLC) di Laboratorium Farmasi FKUB

Foto HPLC

High Performance Liquid Chromatography (HPLC) merupakan instrumen analisis yang sering digunakan dalam industri farmasi. HPLC merupakan bagian yang penting dalam proses drug discovery, drug development dan produksi rutin obat di masa sekarang. HPLC tentunya sangat menunjang kegiatan Pendidikan dan penelitian di Institusi pendidikan. Oleh sebab itu, Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya mengadakan pelatihan penggunaan HPLC di Laboratorium Farmasi FKUB pada tanggal 25-26 Oktober 2017. Pelatihan ini diselengarakan atas kerjasama Jurusan Farmasi FKUB dengan PT DITEK JAYA dengan tujuan meningkatkan kompetensi Pranata laboratorium Farmasi dan Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan staf dosen farmasi dalam mengoptimalkan software analisis HPLC.

Acara Pelatihan dimulai dengan sambutan ketua Laboratorium Farmasi Dahlia Permatasari, M. Si., Apt. dan kemudian acara dibuka oleh Dr. dr. Sri Andarini, M. Kes., selaku Dekan FKUB. Dekan FKUB berharap dengan adanya pelatihan HPLC mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam pengoperasian HPLC dan analisis data HPLC sehingga dapat menunjang Kegiatan pendidikan dan penelitian di lingkup FKUB. Acara pelatihan ini juga dihadiri oleh perwakilan Laboratorium yang terdapat di FKUB.

Sebelum Pelatihan Instrumen, Peserta mendapat materi mengenai teori dasar HPLC, Teknis operasional HPLC dan Informasi perkembangan metode analisis terkini seperti LC-MS/MS dan GC-MS/MS yang dijelaskan oleh Adib Syarofi dari PT Ditek Jaya. Kemudian dilanjutkan pelatihan dengan studi kasus analisis kualitatif campuran senyawa dan analisis kuantitatif salah satu senyawa dalam campuran. Dalam pelatihan dipelajari dari pengoperasian HPLC, mekanisme sistem HPLC, olah data analisis dengan software analisis HPLC dan penjelasan-penjelasan mengoptimalkan fitur-fitur dalam HPLC. Ketua Panitia Bachtiar Rifai, M. Farm., Apt. mengharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi para peneliti mengenai HPLC di lingkup FKUB dimana HPLC memiliki daya selektivitas yang tinggi yaitu mampu memisahkan komponen senyawa dalam campuran dengan baik, memiliki sensitivitas tinggi, proses analisis yang cepat dan dapat dioperasikan secara otomatis.