Farmasi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 11 Agustus 2014 , oleh farmasi_admin , pada kategori Berita

PARTISIPASI WORKSHOP OSCEOLOGY YANG DISELENGGARAKAN OLEH

LESLIE DAN FACULTY OF PHARMACY

UNIVERSITY OF TORONTO, CANADA

Ujian ketrampilan klinis berupa Objective Structured and Clinical Examination (OSCE) merupakan salah satu sistem evaluasi yang digunakan untuk mendukung keberhasilan sistem pembelajaran yang dapat menjamin tercapainya kompetensi mahasiswa sesuai dengan standar kompetensi sarjana farmasi. Pelaksanaan OSCE meliputi evaluasi terhadap kemampuan mahasiswa dalam menganalisa suatu masalah, kemampuan menyerap ilmu pengetahuan yang telah diajarkan, kemampuan menyampaikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh secara lisan, kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh untuk memberi masukan dan mengajukan pendapat terhadap rekan sejawat ataupun pasien dengan menggunakan kemampuan berkomunikasi (role play). Mahasiswa dievaluasi mengenai pemahaman dalam penatalaksanaan (terapi) penyakit dan materi konseling untuk pasien pada berbagai macam kondisi penyakit yang telah disampaikan pada proses belajar mengajar (PBM) serta pemantauan terhadap hal-hal yang dapat mempengaruhi keberhasilan terapi.

Pada tahun 2015, setiap mahasiswa lulusan program profesi apoteker diwajibkan mengikuti Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI) bersama dengan organisasi profesi apoteker yaitu Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dimana salah satu sistem evaluasi yang diujikan adalah OSCE. Mengingat pentingnya pembelajaran dengan sistem evaluasi OSCE maka PSF FKUB sudah menyelenggarakan ujian OSCE sejak mahasiswa semester IV. Namun demikian, selama ini sistem OSCE di PSF FKUB masih mengadopsi sistem OSCE yang diterapkan oleh Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) FKUB karena belum ada Program Studi Farmasi di Indonesia yang menerapkan sistem evaluasi berupa OSCE dimana ternyata sistem OSCE untuk Pendidikan Dokter berbeda dengan sistem OSCE untuk Pendidikan Farmasi.

Diskusi kasus

Oleh karenanya, dinilai perlu untuk mengirim dua orang perwakilan staf dosen PSF FKUB untuk mengikuti workshop terkait OSCEology khusus dalam bidang farmasi yang diselenggarakan oleh Leslie Dan Faculty of Pharmacy, University of Toronto, Canada. PSF FKUB memilih untuk mengikuti workshop OSCEology di luar negeri yaitu Leslie Dan Faculty of Pharmacy, University of Toronto, Canada karena memang belum ada Program Studi Farmasi maupun Fakultas Farmasi lain di Indonesia yang menerapkan sistem evaluasi menggunakan OSCE. Di samping itu, Leslie Dan Faculty of Pharmacy, University of Toronto, Canada dipilih karena performance-based teaching dan assessment telah diterapkan di Farmasi Kanada selama lebih dari satu dekade. OSCE telah digunakan sebagai bagian dari Uji Kompetensi Nasional Farmasi di Kanada sejak tahun 1980. Oleh karenanya, Sekolah Farmasi Kanada telah mengembangkan keahlian khusus dalam hal desain, implementasi performance-based teaching, dan teknik menguji.

Gedung Leslie Dan Faculty of Pharmacy, UoT, Canada

Tanggal 11-13 Juni 2014, Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (PSF FKUB) mengirim dua orang perwakilan staf pengajar yaitu Efta Triastuti, M.Farm.Klin., Apt. dan Ema Pristi Yunita, M.Farm.Klin., Apt. untuk mengikuti salah satu kegiatan Continuous Professional Development yaitu OSCEology Workshop yang diselenggarakan oleh Leslie Dan Faculty of Pharmacy, University of Toronto, Canada. Kegiatan ini diikuti oleh 24 staf pengajar farmasi dari berbagai universitas baik dari Indonesia, Kanada, dan Amerika Utara antara lain Medical Faculty – University of Brawijaya, Western New England University, Memorial University of Newfoundland, University of Florida College of Pharmacy, University of the Incarnate Word, Texas A&M Health Science, University of Missouri – Kansas City, dan Humber Institute of Technology and Advanced Learning. Seluruh peserta workshop dibagi menjadi 6 kelompok dimana tiap kelompok terdiri dari 4 peserta yang berasal dari universitas yang berbeda. Tiap peserta yang mengikuti kegiatan workshop secara penuh yaitu selama 22 jam diberikan sertifikat.

Menuju ruangan workshop

Pembicara pada workshop OSCEology ini adalah Zubin Austin yang merupakan Ontario College of Pharmacists’ Professor di bidang farmasi dari Universitas Toronto dan secara luas terlibat dalam penerapan simulasi klinik untuk pengajaran, pembelajaran, dan penggalian informasi di bidang farmasi. Dr. Zubin Austin telah mempublikasi lebih dari 30 peer-reviewed papers dan telah mempresentasikan di tingkat internasional penerapan OSCE di bidang farmasi (epy).

Museum Leslie Dan Faculty of Pharmacy, UoT, Canada