Farmasi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 20 Agustus 2014 , oleh farmasi_admin , pada kategori Berita

LOKAKARYA METODE PENULISAN MODUL AJAR
DAN
PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN STUDENT-CENTERED LEARNING (SCL)

Pada Tanggal 13 Agustus 2014 staff dosen Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Menyelenggarakan “LOKAKARYA METODE PENULISAN MODUL AJAR & PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN STUDENT-CENTERED LEARNING (SCL)” di Gedung Pusat Pendidikan lantai 6 Ruang senat Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Program Hibah Kompetisi A1 (PHK A1) Tahun 2014-2015. Lokakarya metode penulisan modul ajar bertujuan untuk persiapan staff dosen PSF FKUB untuk menyusun modul ajar yang baik dalam rangka kompetisi pembuatan modul ajar yang juga merupakan rangkaian program pada aktivitas 1 pengembangan sistem pembelajaranprogram PHK A1.

Lokakarya Metode Pembelajaran Student-Centered Learning (SCL) dipaparkan oleh drg. Citra Insany Irgananda, M.Med.Ed., staff pengajar program studi pendidikan dokter gigi. Prinsip metode pembelajaran Student-Centered Learning (SCL) antara lain Meyertakanmahasiswa di dalam proses pembelajaran, Mendorong mahasiswa untuk memiliki pengetahuan yang lebihbanyak/ luas/ dandalam, Menjalin mahasiswa dengan kehidupan nyata, Mendorong terjadinya pembelajaran secaraaktif, Mendorong terjadinya critical thinking. Mengarahkan mahasiswa untuk mengenali dan menggunakan berbagai macam gaya belajar, Memperhatikan kebutuhan dan latar belakang mahasiswa, Memberi kesempatan untuk pengembangan berbagai strategi assessment.

Terdapat beberapa Strategi Student-Centered Learning (SCL) yaitu Collaborative Learning, Cooperative Learning, Case-Based Learning, Problem base Learning, Research Base Learning. Metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga staff pengajar harus mempertimbangkan sistem pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai sesuai Learning Outcome yang ditetapkan program studi farmasi.

Untitled

Pada sesi kedua acara dilanjutkan dengan topik metode penulisan modul ajar yang dipaparkan oleh Dr. Ir. Surjono, MTP. dari Fakultas Teknik yang pernah berhasil memenangkan kompetisi penulisan modul ajar program PHK. Dalam penulisan modul ajar, seorang penulis harus memahami konsep modul, ruang lingkup modul , tujuan umum modul dan isi yang akan ditulis dalam modul. Modul merupakan bagian dari kuliah yang disusun secara sistematis berdasarkan tujuan instruksional. Modul pada umumnya berisi judul modul, petunjuk umum, materi modul dan evaluasi.

Tujuan dari modul yaitu memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal, mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera, baik peserta belajar maupun guru/ instruktur,dapat digunakan secara tepat dan bervariasi, seperti untuk meningkatkan motivasi dan gairah belajar; mengembangkan kemampuan dalam berin- teraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya yang memungkinkan siswa atau pebelajar belajar mandiri sesuai kemampuan dan minatnya, memungkinkan siswa atau pebelajar dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya.

Manfaat dari modul yaitu meningkatkan efektivitas pembelajaran tanpa harus melalui tatap muka secara teratur karena kondisi geografis, sosial ekonomi, dan situasi masyarakat, menentukan dan menetapkan waktu belajar yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan belajar peserta didik, secara tegas mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik secara bertahap melalui kriteria yang telah ditetapkan dalam modul, mengetahui kelemahan atau kompetensi yang belum dicapai peserta didik berdasarkan kriteria yang ditetapkan dalam modul sehingga tutor dapat memutuskan dan membantu peserta didik untuk memperbaiki belajarnya serta melakukan remediasi.

Untitled

Setelah Acara Lokakarya metode penulisan modul ajar & pengembangan Sistem pembelajaran Student-Centered Learning (SCL), Seluruh staff dosen PSF FKUB akan melanjutkan program PHK A1 penulisan modul ajar yang akan membantu peningkatan mutu pembelajaran PSF FKUB, sistem pembelajaran PSF FKUB akan dianalisis untuk memilah bidang keilmuan yang dapat mengaplikasikan metode pembelajaran Student-Centered Learning (SCL) sesuai kompetensi yang ingin dicapai berdasarakan Learning Outcome PSF FKUB.