Pharmacy Undergraduate Degree Program

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Written on 7 July 2015 , by farmasi_admin , in category Activities, News

SEMINAR DAN LOKAKARYA
PENGELOLAAN LIMBAH DAN BAHAN KIMIA LABORATORIUM KESEHATAN

12673199831854453770medical cross button

Pelatihan ini diselenggarakan oleh PSF FKUB dengan narasumber berasal dari dosen Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Hari/Tanggal    : Selasa, 4 Agustus 2015
Waktu                 : 07.30 – 15.15
Tempat               : Ruang Auditorium Gedung Pusat Pendidikan (GPP) Lantai 6 FKUB

Dari kegiatan ini diharapkan seluruh laboratorium yang ada di FKUB dapat meminimalkan limbah dan bahan kimia serta dapat memanfaatkan dan mengelola limbah tersebut sebagai by product.

Limbah merupakan buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga) yang lebih dikenal sebagai sampah, yang kehadirannya pada suatu tempat dan saat tertentu tidak dikehendakai lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis. Apabila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia senyawa organik dan senyawa anorganik. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manuasia, sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah.

Terdapat banyak laboratorium di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Laboratorium – laboratorium tersebut merupakan salah satu penghasil limbah baik cair, padat maupun gas. Kuantitas dan frekuensi limbah laboratorium tergantung dari banyaknya aktivitas – aktivitas yang terdapat pada laboratorium tersebut. Kandungan bahan pencemar bervariasi dan bahkan ada yang mengandung bahan buangan berbahaya. Limbah padat di laboratorium biasanya biasanya berupa endapanatau kertas saring yang terpakai sehingga relatif masih dapat diatasi. Tidak seperti limbah cair atau udara dari laboratorium kesehatan yang dapat mengganggu lingkungan sekitar. Seminar dan lokakarya ini diharapkan dapat meminimalkan limbah dan bahan kimia yang ada pada laboratorium di FKUB.