Pharmacy Undergraduate Degree Program

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Written on 12 September 2017 , by farmasi_admin , in category News

Mahasiswa Jurusan Farmasi FKUB Sabet Juara Umum PIMFI 2017

cropped-logo-newnew-pimfi-1-300x262

Mahasiwa Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya tak henti-hentinya mencetak prestasi di ajang nasional Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi (PIMFI) 2017 di Makasar, yang merupakan kegiatan tingkat nasional yang diadakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) setiap dua tahun sekali. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wadah mahasiswa farmasi Indonesia untuk berkarya, berkompetisi, dan menjalin silaturahmi antar mahasiswa farmasi seluruh Indonesia. Rangkaian kegiatan PIMFI 2017 diselenggarakan pada tanggal 4 – 10 September 2017 dengan Universitas Muslim Indonesia (UMI) tuan rumah yang bertempat di Tanah Daeng, Makassar, Sulawesi Selatan.

Tim Delegasi Farmasi Universitas Brawijaya mengirimkan 18 mahasiswa yang mengikuti 6 cabang lomba dalam ajang bergengsi dikalangan mahasiswa Farmasi tersebut. Cabang lomba yang diikuti antara lain:

  • 1 Tim Lomba Produk Mahasiswa Farmasi Indonesia (LPMFI)
  • 3 Tim Poster
  • 1 Tim Herbarium
  • 2 Orang Clinical Skill Event (CSE)
  • 1 Orang Patient Counselling Event (PCE) dan Patient Counselling Training (PCT)
  • 3 Orang Rangking 1

Selain diadakannya berbagai cabang lomba, pada PIMFI 2017 juga diadakan Rapat Tengah Tahun (RTT) ISMAFARSI.

Pada hari pertama  dilaksanakan registrasi lomba serta technical meeting masing-masing cabang lomba. Pada hari kedua diselenggarakan opening ceremony PIMFI 2017 yang berlangsung meriah dihadiri oleh delegasi mahasiswa farmasi dari seluruh daerah di Indonesia. Setelah opening ceremony usai, dilanjutkan dengan adanya seminar nasional dan dilanjutkan lomba Ranking 1. Pada hari ketiga dilaksanakan beberapa agenda seperti final cabang lomba poster, babak penyisihan dan final CSE, PCE, dan Herbarium. Seluruh delegasi dari UB sudah memaksimalkan kemampuannya dalam masing-masing cabang lomba, sehingga seluruh peserta berhasil masuk ke babak final. Pada hari keempat, dilaksanakan babak final dari cabang lomba LPMFI.

2

Gala Dinner sekaligus pengumuman pemenang lomba serta penutupan PIMFI 2017 dilaksanakan pada malam hari keempat. Acara Gala Dinner diawali dengan beberapa sambutan dari pihak UMI dan ISMAFARSI. Saat yang ditunggu-tunggu pun tiba, delegasi UB memperoleh banyak prestasi, diantaranya:

  • Juara kategori Ranking 1: Fadilah Asril
  • Juara 1 kategori lomba CSE: Fadilah Asril
  • Juara 1 kategori lomba Poster: Anisa Hanifatin, Fadhyla Widya, dan Mazaya Alma.

Dengan perolehan total 3 emas, maka Farmasi Universitas Brawijaya berhasil  mendapatkan Juara Umum dalam ajang  PIMFI 2017 dan berhasil membawa Piala bergilir PIMFI 2017.

Pada hari kelima, kegiatan PIMFI berupa lanjutan RTT, dan dilaksanakannya Gema Cermat. Lalu pada hari keenam, seluruh delegasi PIMFI 2017 melakukan Kampanye Informasi Obat (KIO) di daerah Bantimurung dan dilanjutkan dengan mengikuti Sulawesi Trip Adventure ke lokasi-lokasi wisata terkenal seperti Taman Prasejarah Leang-Leang dan Air Terjun Bantimurung. Agenda tersebut merupakan agenda penutup PIMFI 2017, pada tanggal 10 September 2017, seluruh delegasi UB pun menuju ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar untuk kembali menuju Bandara Internasional Juanda Surabaya dan melanjutkan perjalanan menuju Kota Malang.

Selamat untuk Farmasi Universitas Brawijaya, Teruslah  BERKARYA, untuk menjadi sang  JUARA. KITA SATU BRAWIJAYA!