Pharmacy Undergraduate Degree Program

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Written on 26 June 2017 , by farmasi_admin , in category Activities

Early Exposure of Pharmacotherapy: Introduction of Managerial Service and Clinical Pharmacy in Hospital

Foto Kunjungan RS UNISMA

Kegiatan early exposure berupa kunjungan ke Rumah Sakit Islam (RSI) Aisyiyah Kota Malang dan Rumah Sakit Islam (RSI) UNISMA Kota Malang yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Farmasi (PSSF) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang ini merupakan kegiatan pembelajaran yang sangat diperlukan oleh mahasiswa sebagai pengenalan awal tentang peran tenaga kesehatan yaitu apoteker di rumah sakit. Model pembelajaran early exposure yang dilakukan oleh PSSF FKUB ini adalah mengadaptasi dari model pembelajaran Faculty of Pharmacy, University College London dalam rangka salah satu implementasi visi PSSF FKUB yang bertaraf internasional.

Kunjungan ke RumahSakit Islam Aisyiyah Kota Malang dilakukan pada hari Kamis, tanggal 8 Juni 2017, sedangkan kunjungan ke Rumah Sakit Islam UNISMA Kota Malang dilakukan pada hari Rabu, 21 Juni 2017, yang diikuti oleh 90 orang mahasiswa semester 4 (peserta mata kuliah Farmakoterapi Sistem Pernapasan dan Pencernaan) dan 4 orang dosen dari DepartemenFarmasi Klinik PSSF FKUB.

Konsep acara kunjungan Rumah Sakit ini adalah pemberian materi dan visitasi ke depo-depo farmasi (depo rawat inap, depo rawat jalan, depo Instalasi Gawat Darurat, logistik, handling sitostatika, dan intravenousadmixture) yang langsung akan dipandu oleh staf Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Evaluasi hasil kegiatan tersebut berupa learning share di kampus antara mahasiswa peserta kegiatan dengan dosen pembimbing yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 6 juli 2017. Model learning share tersebut adalah presentasi dari 2 kelompok RSI Unismadan 2 kelompok RSI Aisiyah kemudian dilanjutkan dengan diskusi sesuai pengalaman/pemahaman masing-masing mahasiswa pada saat kunjungan ke Rumah Sakit. Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan mampu memberikan pemahaman tentang peran apoteker dalam hal manajerial dan pelayanan farmasi klinik di rumah sakit. Selain itu diharapkan mampu meningkatkan sikap kritis mahasiswa terhadap permasalahan pemenuhan kebutuhan obat pasien terkait pemesanan, penyimpanan, dan pendistribusian serta menjaga keselamatan pasien melalui peran farmasi klinik.