Tujuan Kegiatan :
1. Peserta workshop mampu memahami mengenai overview Outcome Based Education di Program Studi Profesi Apoteker
2. Peserta workshop mampu menyusun capaian pembelajaran lulusan dan capaian pembejalaran mata kuliah berbasis Outcome Based Education
3. Peserta workshop mampu menyusun rencana pembelajaran semester berbasis Outcome Based Education
4. Peserta workshop mampu menyusun monitoring dan evaluasi proses belajar mengajar berbasis Outcome Based Education
Pada era globalisasi saat ini, dunia pendidikan menghadapi tantangan agar menghasilkan sumber daya manusia yang mampu berperan secara global. Dampak pengaruh globalisasi dicirikan oleh adanya aliran manusia, informasi, teknologi, modal dan gagasan serta pencitraan. Keadaan tersebut menyebabkan terjadinya perubahan nilai kehidupan masyarakat dan perubahan tuntutan dunia kerja terhadap lulusan perguruan tinggi. Upaya yang diperlukan lulusan dalam menghadapi dampak globalisasi adalah lulusan diharapkan memiliki kompetensi sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu, tuntutan teknologi dan seni, tuntutan dunia kerja, tuntutan profesi, tuntutan pengembangan kepribadian dengan ciri khas kebudayaan.
Paradigma OBE yang telah digaungkan oleh Universitas Brawijaya akan diimplementasikan oleh Program Studi Profesi Apoteker dalam bentuk kurikulum dan perangkat pendukungnya. Kurikulum merupakan blue print proses pendidikan yang dapat menentukan mutu lulusan dari suatu program studi untuk membantu program studi menguasai implementgasi OBE dan penjamin mutunya mulai dari menyusun, melaksanakan, mnegakses dan mengevaluasi RPS berbasis outcome. OBE merupakan pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif dan efektif. OBE akan mempengaruhi pada keseluruhan proses pendidikan dari rancangan kurikulum, perumusan tujuan dan capaian pembelajaran, strategi pendidikan, rancangan metode pembelajaran, prosedur penilaian dan lingkungan pendidikan. Dengan adanya workshop “Pengembangan Kurikulum Outcome Based Education pada Program Studi Profesi Apoteker” diharapkan PSPA mampu mengembangkan OBE pada kurikulumnya dan mampu mengimplementasikannya.