Program Studi Profesi Apoteker

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 28 Agustus 2020 , oleh Admin Apoteker , pada kategori Berita
Apoteker merupakan tenaga kesehatan yang memiliki wewenang khusus dalam proses yang berhubungan dengan obat. Dalam bekarja, Apoteker memerlukan soft skill yang mumpuni agar mampu bekerja dengan baik di lingkungan kerjanya.

Soft skills adalah istilah sosiologis yang berkaitan dengan seseorang. “EQ” (Emotional Intelligence Quotient) merupakan kumpulan karakter kepribadian, rahmat sosial, komunikasi, bahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme yang menjadi ciri hubungan dengan orang lain. Soft skills melengkapi keterampilan hard skills, misalnya IQ, yang merupakan persyaratan pekerjaan dan banyak kegiatan lainnya.Soft skill yang perlu dimiliki oleh Apoteker adalah memiliki integritas, intelektual, leadership, teamwork dan moralitas. Adanya soft skill tersebut dapat digunakan pada lingkungan kerja agar dapat menjadi Apoteker yang profesional, dapat berkerja dengan baik dan dapat menaklukan tantangan yang ada di lingkungan kerja.

Pada saat ini dunia kerja percaya bahwa sumber daya manusia yang unggul adalah mereka yang tidak hanya memiliki kemahiran hard skills saja, tetapi juga piawai dalam aspek soft skillsnya. Dunia pendidikanpun mengungkapkan bahwa kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skills). Kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20% oleh hard skills dan sisanya 80% oleh soft skills. Hampir semua perusahaan/instansi baik negeri ataupun swasta, dewasa ini mensyaratkan adanya kombinasi yang sesuai antara hard skills dan soft skills, apapun posisi karyawannya. Bahkan kemudian muncul tren dalam strategi rekrutasi yaitu “Recruit for Attitude, Train for Skill”.

Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) mendapatkan ijin pembukaan pada 22 Agustus 2016 dan mulai menyelenggarakan kegiatan operasional program studi pada Oktober 2016. Mahasiswa yang telah lulus PSPA ataupun yang belum lulus sangat memerlukan gambaran mengenai peluang karir di berbagai macam institusi calon pengguna lulusan, seperti industri, apotek, klinik, dan rumah sakit. Untuk dapat menempati posisi yang ditawarkan diberbagai instansi tersebut, mereka harus meningkatkan soft skills yang sudah ada dalam diri masing-masing. Oleh karena itu, acara pelatihan dan career expo (sosialisasi pengguna lulusan) dari beberapa perusahaan/instansi terkait ini sangat diperlukan oleh mahasiswa dan alumni PSPA FKUB pada khususnya dan lulusan apoteker pada umumnya.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10