Hasil Pengukuran & Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat
Dalam upaya terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PSPA FKUB setiap tahun selalu melakukan pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Metode yang digunakan sesuai dengan Permenpan dan RB Nomor 38 Tahun 2012 tentang pedoman penilaian kinerja unit pelayanan publik. Kategori pengukuran IKM menurut Permenpan dan RB tersebut terdiri dari 4 kriteria, yaitu
Nilai Persepsi |
Nilai Interval IKM |
Nilai Interval Konversi IKM |
Mutu Pelayanan |
Kinerja Unit Pelayanan |
1 |
1,00 – 1,75 |
25 – 43,75 |
D |
Tidak baik |
2 |
1,76 – 2,50 |
43,76 – 62,50 |
C |
Kurang baik |
3 |
2,51 – 3,25 |
62,51 – 81,25 |
B |
Baik |
4 |
3,26 – 4,00 |
81,26 – 100,00 |
A |
Sangat baik |
Pengambilan data dimulai sejak awal tahun akademik baru sampai akhir tahun akademik. Pada akhir tahun akademik data yang didapatkan di analisa dan hasil analisa dijadikan sebagai acuan untuk perbaikan layanan pada laboratoium. Hasil Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) PSPA FKUB pada tahun ajaran 2016/2017 adalah BAIK dengan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat 73,84.
Kuesioner Indeks Kepuasan Masyarakat PSPA FKUB:
Detail tentang laporan hasil pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat PSPA FKUB: